I left my heart in Paramadina Choir

Selasa, Juli 25, 2017 Nadia Dwifortuna 1 Comments

Dari kecil, gue selalu tertarik ngeliat orang bermusik dan bernyanyi. Kayaknya menyenangkan. Dari kecil juga gue mulai ngebiasain diri untuk terlibat di kegiatan yang berbau musilk, tepatnya sih sejak di sekolah dasar. Sempat berhenti di bangku SMA karena lebih fokus di klub bahasa inggris, tapi gue ngelanjutin langkah gue di bangku kuliah. Selain gabung di grup akustik seperti yang udah gue ceritain, gue juga udah jatuh cinta ke tim Paduan Suara Universitas Paramadina atau biasa disebut Paramadina Choir!
.....
 Satu satunya klub atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang gue daftar dan gue jabanin ampe sekarang sebagai alumni ya UKM ini. Kalau temen-temen mayoritas pilih banyak klub, gue cukup satu dan difokusin aja. Anaknya gakmau ribet ya gini hahaa
....
Sempat tertarik sih apa coba itu ya, itu juga dicoba kali ya... tapi wacana doang, hati udah jatuh ke penyanyi-penyanyi kampus. Paduan suara ini masih seumur jagung, baru satu dekade dan masih muda dibanding Paduan Suara dikampus-kampus lain. Tapi, gue bangga kok, di umur yang masih muda, UKM gue ini bisa dibilang sangat eksis di kampus dan diluar kampus. Boleh sedikit berbangga hati biar jadi makin semangat, asal jangan sombong. UKM yang banyak job dan banyak diapresiasi serta dikenal deh sama anak kampus. 
...
Gue cukup kaget sih, dengan join di Paramadina Choir dan PLASTIC, gue jadi punya banyak link, punya banyak temen, punya banyak kegiatan, punya banyak ilmu dan dikenal banyak orang dikampus. Seru juga dikenal banyak orang dan bisa saling share. Lebih seru lagi kalo punya banyak teman dari Padus kampus lain. Kita ini ya segerombolan orang yang berisik pake kostum heboh mulutnya mangap-mangap dan kalo nyanyi muka kita jeleeeeeek banget, paling malu kalo lagi nyanyi tuh difoto, karena ga bisa senyum kan, jadi bakal jelek banget apalagi dapet ekspresi yang salah.
....
Jujur, gue kalo udah komit ya harus komit. Join di klub ini benar-benar ngajarin gue banyak hal. Organisasi, keluarga baru, sabar, belajar, konsisten, profesional, multitasking, jago dandan, banyak teman, keluar negri, belajar fundrising, daaaaan banyak lagi deh. Padus ini kayak kos-kosan kedua jaman kuliah. 
Semua udah jadi sahabat, di sini kayak rumah yang bisa dijadiin tempat keluh kesah, tempat tiduran santai, tempat buat tugas, tempat buat belajar nyanyi.
....
Tiap setahun sekali, pasti ada konser tahunan atau konser akbar. 
Latihannya gimana?
YATUHAN LATIHANNYA BIKIN GEMPOR TAPI GUE SUKA KARENA TERTANTANG!
Latihan nya gak cuma nyanyi dan pernafasan doang, tapi latihan koreografi dan kebugaran fisik ampe mandi keringat. Tiap anggota baru sih pasti belajar baca partitur atau toge nada, makin lama harus dihafalin tuh partitur angka ampe lirik ampe tanda bacanya.
Tapi kalo udah kepilih orang-orang yang buat konser tuh, udah, speechless mau ngomong deh saking geleng-geleng inget jaman latihan dulu.
Seminggu bisa 4-5 kali bahkan dihari libur pun juga, karena practice make perfect! gue percaya itu!
Abis kelar kuliah, langsung cabut buat latihan, disaat temen-temen gue pada hang out, pada nongkrong dikampus, pada ngegosip, makan-makan atau pada pulang buat tugas dan istirahat, gue?
gue kabur latihan. 

Sungguh gue sayang ama pelatih gue, dia kayak ibbu-ibu yang galak tapi sayang anak. Dia mukanya jutek dan emang suka marah, tegas banget. tapi biar anak-anaknya sadar kalau proses itu penting.
Dia penyanyi hebat yang dikenal di dua perpadusan dehhh..
Latihan di penginapan kita di bandung jamannya mau kompetisi di ITB.
Senyum dan deg-degan menunggu hasil akhir ya gituuuu...
Selain wisuda dan perayaan ulang tahun kampus, tiap tahun kita juga harus tampil buat pembukaan dan penutupan masa pengenalan kampus.. 
Gue uda bilang kan yaaaaa.... mulut kita mangap-mangap dan jelek banget kalo difotooo :"(
Salah satu ajang paling bergengsi yang pernah gue ikutin bareng tim adalah kompetisi internasional di Bohol, Filipina. Syukurnya kita pulang ke Indonesia bawa medali!!
Hal yang gak akan pernah gue lupa seumur hidup adalah ngisi acara di gereja dan nginap di penginapan gereja karena ada badai di Filipina jadi ga bisa pulang, singkat cerita gitudehhh.
It was really fun and memorable thing in my life.

got new friends from UPSA Philippine
Kalo pencapaian paling tinggi adalah bawa pulang dua medali sekaligus satunya emas satunya perak. GILAK! MANA KITA NYANGKA BISA SEJAUH ITU!
I'M BLESSED...
gue masih ingat gimana merindingnya kita waktu teriakin ENDONESAAAAHH waktu nama dan nangis-nangis gak karuan waktu nama kita disebut!
gini rasanya menang bawa negara tercinta. Ternyata kerja keras gue dan temen-temen dikasih hasil yang ga kita kira sama Tuhan. 
Gak muluk-muluk, di kompetisi internasional pertama ini, gue dan teman-teman bahkan pelatih ga ampe kepikiran bisa menang dua medali bahkan emaaasssss! Masuk grand final aja yah, lutut ampe lemes karena ga prediksi sama sekali, udah down duluan liat kompetitior lain suaranya kek malaikat dari surga, iyalah mereka penyanyi hebat-hebat yang udah berumur padusnya dan anak gereja.
Selain kompetisi, tim gue ini juga diundang untuk isi banyak acara, salah satunya flashmob gitu di Rolling Stone, Kemang dengan outfit merah putih :) bahkan acaranya juga ditutup oleh Teza Sumendra, oh ma fav!
Gue bahagia dan bangga karena terpilih jadi bagian penyanyi Alto solo di acara Festival United For Peace #weareindonesia yang dikolaborasikan dengan PSM Trisaksi, PSM Binus atau biasanya disebut Paramabira dan PSM Pancasila. Ini yang gue bilang, nemu temen baru dari PSM lain dan jadi teman dekat sampai sekarang..
Musik ngebuat gue lebih hidup. Musik apapun itu, semua musik sama kok, meskipun ada banyak aliran tapi gue ga kebayang kalo hidup ini ga pake musik pasti bakal boring banget! 
So, every time I sing, I sing with my heart...
*Nadia...

You Might Also Like

1 komentar:

Welcome to my blog. Thank you so much for visiting me.
Give your happiness and leave comments ^^
Have a nice day, guys :)